sosialisasi PHBS di PURA

 

Hal ini disampaikan dalam Sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, yang dibacakan oleh dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati, M.Kes. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar dalam pertemuan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), (25/7) di Hotel Gianyar, Hadir dalam acara ini Dian Nardiani,SKM,MPH, Kepala Seksi Promosi Kesehatan Propinsi Bali, I Gede Nurata, Petajuh Bendesa Majelis Agung Desa Pekraman Propinsi Bali, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Majelis Madya Desa Pekraman Kabupaten Gianyar, PHDI Gianyar, OPD di Lingkungan Kabupaten Gianyar, Kwarcab Gianyar dan undangan lainnya.

Dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati,M.Kes. memaparkan bahwa Penyakit yang timbul pada tempat-tempat umum diantaranya diare, demam berdarah dengue, ISPA oleh karena terpapar asap rokok, dimana penyakit tersebut terjadi disebabkan lingkungan yang buruk dan perilaku yang tidak sehat. Untuk itu PHBS sangat penting disosialisasikan, disebarluaskan dan diterapkan, termasuk di tempat ibadah yaitu pura.

Dian Nardiani,SKM,MPH menyampaikan bahwa pura selain sebagai tempat ibadah, juga sebagai pusat berbagai kegiatan umat Hindu seperti bidang pendidikan, seni budaya, sosial kemasyarakatan, serta tempat sosialisasi berbagai informasi. Oleh karena itu PHBS di pura sangat dibutuhkan guna menjaga kesehatan masyarakat. Tatanan yang ditekankan dalam perilaku hidup bersih dan sehat di pura diantaranya mengenakan pakaian atau busana yang bersih, rapi dan sopan, mencuci tangan dengan sabun pada air bersih yang mengalir yang dilakukan sebelum mengawali sembahyang atau kegiatan lain, penggunaan jamban sehat, pengelolaan sampah, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi narkoba di pura, tidak meludah sembarang, pemberantasan jentik nyamuk, dan lainnya. Dengan adanya sosialisasi PHBS di pura diharapkan lingkungan yang bersih dan sehat, dengan didukung oleh umat dan pengunjung pura untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Login